Ada Sejak Tahun 1598, Begini Sejarah Singkat Olahraga Kriket

Ada Sejak Tahun 1598, Begini Sejarah Singkat Olahraga Kriket

Olahraga kriket memang tidak terlalu dikenal di Indonesia, beda halnya dengan sepakbola dan bulutangkis yang selalu bisa mencuri perhatian. Bahkan dalam satu tahun, mungkin tak sekali pun kamu menjumpai pertandingan kriket yang ditayangkan di televisi.

Tapi di dunia internasional, kriket termasuk salah satu olahraga populer terutama di beberapa negara Asia Selatan seperti Pakistan dan India, serta di negara-negara persemakmuran Inggris. Lalu bagaimana asal mula munculnya kriket hingga jadi olahraga yang banyak disukai seperti saat ini?

Kriket kemungkinan besar sudah dimainkan sejak zaman Saxon atau Norman, olehanak-anak yang hidup di sebuah daerah bernama Weald. Lokasinya berada di tenggara Inggris, terbentang di seberang Kent dan Sussex. Weald sendiri merupakan daerah yang penuh dengan tanah berumput dan pepohonan.

Nah, sebuah teks kuno bertangal 17 Januari 1957 (dalam kalender Julian kuno, atau setara dengan tahun 1958 di kalender modern) menyebutkan adanya sebuah permainan yang sering dilakukan oleh anak-anak dan ciri-cirinya mirip sekali dengan olahraga kriket saat ini kata bandar ceme.

Tak hanya satu teks saja yang menyebutkan adanya permainan mirip dengan olahraga kriket saat ini. Sebuah teks yang jauh lebih kuno, bertanggal 10 Maret 1300 menuliskan mengenai sebuah permainan yang dilakukan oleh King Edward II di masa kecilnya.

Dalam teks tersebut tertulis ‘creag and other games’ yang diperkirakan merupakan nama kuno dari cricket. Tapi banyak pula sumber yang membantah keabsahan teks tersebut dan mengungkapkan bahwa kata ‘creag’ dalam bahasa Inggris kuno merupakan ejaan lama dari kata ‘craic’ yang berarti menyenangkan.

Hingga saat ini awal mula terciptanya kriket masih simpang siur karena banyaknya teks kuno yang sulit diterjemahkan lantaran kondisinya maupun bahasanya yang tak bisa dimengerti. Meski demikian, olahraga kriket modern seperti yang dikenal saat ini, pertama kali dimainkan pada abad 16 di Inggris bagian tenggara.

Sejarah Permainan Kriket

Selama beberapa abad, kriket kemudian berkembang menjadi sebuah olahraga yang sangat dicintai masyarakat Inggris. Di abad ke 18, kriket mulai berkembang sampai ke luar Inggris dan benar-benar mendunia di abad ke 20.

Spectator sport atau olahraga suporter merupakan jenis olahraga yang selalu bisa menarik perhatian para fans fanatik. Selama ini, kamu tentu sudah mengenal sepakbola sebagai olahraga dengan dukungan suporter terbesar. Nah, kriket ternyata merupakan olahraga suporter ke dua yang paling populer setelah sepakbola. Sayang sekali kita tidak bisa merasakan pengalaman nonton pertandingan kriket langsung di stadion.

Meski sejarah sudah mencatat kehadiran kriket sejak lama, namun Dewan Kriket Internasional yang resmi baru dibentuk pada tahun 1909 dengan nama International Cricket Council. Dewan tersebut berpusat di Uni Emirat Arab, tepatnya kota Dubai dengan 106 anggota.

Hingga saat ini, kriket merupakan olahraga yang sedang mengalami perkembangan pesat di dunia. Semoga saja ya, olahraga satu ini juga bisa populer di Indonesia seperti halnya sepakbola!

Share with your Friends :