Adakah Pertandingan Kriket di Indonesia?

Adakah Pertandingan Kriket di Indonesia?

Bagi orang Indonesia mungkin olahraga kriket masih asing terdengar. Memang selama ini olahraga sepak bola lebih dikenal dan populer di Indonesia dari pada olahraga kriket ini. Padahal perkembangan dari olahraga kriket sendiri di Indonesia cukup pesat. Jika selama ini Anda mengenal olahraga kasti, bisa dikatakan kriket ini serupa namun tidaklah sama dengan olahraga kasti yang lebih populer di Indonesia.

Pada turnamen kriket EAP (East Asia Pasific) U-15 yang bertajuk Cricket 8’s Trophy Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertandingan atau turnamen tersebut. Olahraga kriket ini bertaraf internasional, berbeda dengan olahraga kasti yang masih bertaraf lokal. Mungkin tak banyak yang tahu jika kriket ini menjadi olahraga yang sudah lama sekali dikenal oleh masyarakat di dunia. Terlebih lagi di negara yang memang memiliki latar belakang sejarang dengan mengadopsi tradisi serta budaya dari bangsa Inggris.

Beberapa negara tersebut yaitu Australia, India, Pakistan dan masih ada negara yang lain. Esensi dasar olahraga kriket ini yaitu adanya keselarasan serta semangat untuk bersaing dengan cara yang sehat. Bukan hanya itu adanya kerja sama dan kekompakan tim yang solid juga menjadi hal utama dalam olahraga ini.

Mungkin tak banyak yang tahu jika olahraga yang hampir memiliki kesamaan dengan olahraga kasti ini telah ada di Indonesia sejak lama. Bahkan pada saat itu juga sudah pernah ada pertandingan kriket antara tim Batavia Cricket yang menjadi tuan rumah menjamu tim Circus Eleven yang mana pertandingannya dilakukan di daerah Monumen Nasional (Monas). Bukan hanya itu beberapa kegiatan kriket juga sudah mulai terlihat aktif.

Yang mana menjadi cikal bakal dari terbentuknya JCA (Jakarta Cricket Association), serta terbentuknya sebuah kompetisi liga kriket di Indonesia. Selain ada di daerah Jakarta, ada juga di daerah Bali. Yang mana di saat waktu bersamaan dengan terbentuknya JCA, sudah ada pertandingan kriket yang dilakukan secara rutin di daerah Bali. Dan selang beberapa tahun kemudan dibentuklah persatuan kriket di Bali. Olahraga kriket sudah mulai dimainkan oleh penduduk Indonesia yang berada di kawasan timur.

pertandingan kriket Indonesia

Khususnya anak-anak uang berada di Kupang Nusa Tenggara Timur dan kemudian berkembang sangat pesat di daerah sana. Melihat perkembangan kriket yang cukup pesat tersebut kemudian terbentuk sebuah yayasan yang bernama Indonesia Cricket Foundation atau Yayasan Kriket Indonesia. Fungsi dari yayasan tersebut yaitu membantu melakukan koordinasi perkembangan dari olahraga kriket di Indonesi. Pada tahun yang juga sama Indonesia mendapat pengakuan sebagai negara afiliat, meskipun baru saja mengenal olahraga kriket. Saat ini di Indonesia olahraga kriket sudah masuk pada tahap sosialisasi.

Pengembangan dari tim kriket pada tingkat junior sudah terlaksana dengan baik pada berbagai daerah yang ada di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan olahraga kriket di Indonesia lebih berfokus pada sosialisasi yang diberikan kepada anak-anak sekolah. Itu dilakukan karena lebih mudah dalam memberikan pengarahan serta penanaman tradisi atau budaya olahraga kriket.

Melalui sosialisasi yang ditujukan pada anak usia sekolah diharapkan memberikan perkembangan yang pesat bagi olahraga kriket di Indonesia. Selain itu juga dapat berakar dan membudaya secara luas bagi masyarakat. Yang mana dapat memberikan dampak bagi prestasi dan juga kontribusi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia di cabang olahraga kriket. Sampai saat ini, Indonesia sendiri sudah mengikuti turnamen kriket yang diadakan di Samoa dan Melbourne. Pada kedua turnamen tersebut Indonesia mampu menduduki peringkat ke-5.

Share with your Friends :