Batavia Demons, Tim Hoki Es Indonesia Dalam Asian Winter Games 2017

tim hoki es indonesia

asian winter gamesAsian Winter Games tahun 2017 merupakan Asian Winter Games ke 8 yang diselenggarakan di Sapporo dan Obihiro, Jepang. Awalnya turnamen ini akan dilakukan pada tahun 2015, namun akhirnya dilakukan pada tanggal 19 Februari hingga 26 Februari 2017. Hal ini terjadi karena keputusan ini sudah diambil pada sidang umum Dewan Olimpiade Asia atau OCA yang dilakukan 3 Juli 2009 di Singapura. Ada 11 cabang olahraga pada Asian Winter Games 2017, yaitu Ski Alpen, Biathlon, Ski lintas alam, Curling, Seluncur indah, Ski gaya bebas, Hoki es, Seluncur cepat lintasan pendek, Lompat ski, Snowboarding dan Seluncur cepat. Indonesia mengikuti 3 cabang olahraga dari 11 cabang yang ada, yaitu seluncur indah, seluncur cepat lintasan pendek dan juga hoki es.

Walaupun Indonesia baru pertama kali ikut serta dalam Asian Winter Games, namun tim-tim dari Indonesia yang berpartisipasi memiliki pengalaman dan prestasi yang banyak. Salah satunya adalah tim hoki es Indonesia yang bernama Batavia Demons. Batavia Demons telah menjuarai turnamen hoki internasional yang diselenggarakan di Singapura. Bahkan Batavia Demons pernah menjadi tim terbaik dalam Lion City Cup tahun 2016 dan mengalahkan tim dari negara lainnya seperti Kanada, Rusia dan Amerika Serikat.

Karena baru pertama kalinya Indonesia ikut serta dalam Asian Winter Games, pelatih tim hoki es Indonesia memberikan latihan dan proses seleksi ketat bagi atlet-atlet yang akan bertanding. Dengan begitu atlet yang masuk ke dalam Batavia Demons adalah atlet terbaik yang dimiliki Indonesia. Walaupun begitu, mungkin karena kurangnya pengalaman bila di bandingkan dengan negara-negara 4 musim yang sudah terbiasa bermain dalam lapangan es, Indonesia belum mampu mendapatkan juara pada cabang hoki es di Jepang.

Kegagalan Indonesia dalam menyabet juara akan menjadi pelajaran yang berharga dan menjadi pengalaman berharga bagi atlet tim hoki es Indonesia. Dengan begitu bisa diketahui kemampuan apa yang kurang, kemampuan yang belum dimiliki oleh atlet-atlet hoki es Indonesia. Dan nantinya pelatih Indonesia bisa memberikan latihan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan para atletnya.

Tim Hoki Es Indonesia

Karena olahraga hoki es tidak terlalu populer di Indonesia, pengalaman pelatih dan juga atlet tentu dirasa masih kurang. Karena tidak banyak yang mengetahui cara terbaik berlatih sehingga bisa mengeluarkan potensi terbaik dari atlet. Selain itu faktor cedera juga menjadi salah satu hambatan bagi Indonesia untuk bisa mendapatkan juara pada Asia Winter Games 2017. Tidak hanya satu atlet yang mengalami cidera, namun ada beberapa atlet yang cidera. Maka kedepannya diharapkan atlet hoki es Indonesia mampu menjaga tubuhnya lebih baik lagi sehingga tidak terkena cidera.

Tim hoki es Indonesia kalah dari Turkemenistan, Malaysia dan Macau dengan skor telak. Kegagalan Batavia Demons untuk mengalahkan tim Malaysia karena tim dari Malaysia melakukan persiapan yang lebih matang daripada Indonesia. Tim Malaysia sudah mendapatkan pembinaan hoki es dengan lebih baik dan sering melakukan pertandingan persahabatan dengan negara-negara Asia lainnya. Walaupun kalah dalam Asia Winter Games 2017, tim hoki es Indonesia berterima kasih atas dukungan dari FHEI (Federasi Hoki Es Indonesia) dan juga masyarakat Indonesia yang sudah datang dari Indonesia ke Jepang untuk mendukung mereka. Tim hoki es Indonesia tidak akan menyerah dan akan terus berlatih hingga menjadi lebih baik. Mereka akan berlatih dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk berlaga dalam Asia Winter Games berikutnya.

Nantikan artikel kami untuk berikutnya >> disini <<

Share with your Friends :

One thought on “Batavia Demons, Tim Hoki Es Indonesia Dalam Asian Winter Games 2017

Leave a Reply