Fakta Di Balik Kejuaraan Nasional Kriket Indonesia

Fakta Di Balik Kejuaraan Nasional Kriket Indonesia

Kamu mungkin jarang sekali mendengar ada jadwal pertandingan kriket yang ditayangkan di televisi Indonesia. Hal tersebut membuat banyak orang tidak familiar dengan olahraga kriket, bahkan mungkin ada yang mengira kalau olahraga satu ini tidak ada di Indonesia. Tapi kamu salah! Sebab kriket ternyata memiliki peminat tersendiri, bahkan ada liga khusus untuk kriket yang diberi nama Indonesian Cricket League atau ICL.

Nah, belum lama ini ada kejuaraan nasional yang dilangsungkan di Lapangan Kriket Udayana, tepatnya terletak di Jimbaran Pulau Bali, mulai tanggal 29 Juni sampai dengan 8 Juli 2018. Ada banyak sekali fakta menarik di balik kejuaraan nasional tersebut, yuk simak informasinya di dewapoker88:

Banyak pemain muda berbakat yang jadi sorotan

Pemain Muda

Di Indonesia, kriket memang bukan olahraga primadona. Jarang sekali ada orang tua yang sengaja memasukkan anaknya ke akademi kriket sejak kecil, berbeda dengan bulutangkis atau sepakbola. Bisa dilihat, di mana-mana bertebaran akademi bulutangkis dan sepakbola yang bertujuan untuk mengkader anak-anak menjadi atlet profesional. Meski belum banyak sekolah khusus kriket, tapi ternyata banyak talenta muda yang bisa terjaring dari Kejuaraan Nasional kemarin. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh pengurus pusat persatuan kriket Indonesia, di mana banyak pemain muda yang ternyata sangat berbakat dan akan difokuskan untuk masuk ke tim nasional kriket Indonesia.

Kejuaraan nasional jadi ajang persiapan untuk Cricket World Cup

Piala Dunia Kriket

Ya, kamu tak salah baca! Ada yang namanya Cricket World Cup, alias Piala Dunia untuk olahraga kriket. Nah, kejuaraan nasional ini ternyata diadakan sebagai salah satu persiapan menuju piala dunia yang kualifikasinya akan diadakan pada tanggal 1 Desember hingga 11 Desember 2018 mendatang di Manila, Filiphina. Sedangkan untuk tim putri, kualifiasinya akan diadakan di bulan Februari tahun 2019 mendatang. Terkesan masih lama, tapi sebenarnya waktu tersebut cukup singkat apalagi sampai saat ini belum terbentuk tim nasional kriket Indonesia yang sempurna.

Ada aturan baru yang diterapkan di kejuaraan nasional kriket

Kejuaraan Nasional

Di ajang kejuaraan nasional kriket tahun ini, ada beberapa perubahan dari tahun-tahun sebelumnya menyangkut aturan yang diberlakukan. Aturan tersebut baru saja disampaikan pada kongres International Cricket Council yang diadakan di Irlandia beberapa waktu lalu. Hal tersebut pun langsung diterapkan kepada 8 tim peserta yang ikut di dalam kejuaraan nasional, yakni dari Jawa Tengah dan Jakarta sebagai perwakilan pulau Jawa, Kalimantan Timur mewakili Kalimantan, Lampung, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan mewakili Sumatera, Papua, serta Pulau Bali.

Juara tim putra dan tim putri sangat tak terduga

Tim Juara Putra

Selama ini selalu atlet dari Jawa yang dominan di banyak pertandingan olahraga. Tapi berbeda halnya dengan kejuaraan nasional kriket tahun ini, sebab tim dari Papua berhasil menjadi juara untuk kelompok putra sedangkan di posisi ke dua ada Bali dan di posisi ke tiga disusul dengan DKI Jakarta. Untuk kelompok putri, juara pertama diraih oleh tim asal Jakarta, juara ke dua adalah tim dari Kalimantan Timur, dan tim dari Papua kembali menjadi juara ke tiga.

Banyak sekali kan, fakta menarik terkait dengan kejuaraan nasional tahun ini? Semoga timnas Indonesia sukses di Piala Dunia, ya!

Share with your Friends :