Liga Kriket Profesional Pertama di Tanah Air

Liga Kriket Profesional Pertama di Tanah Air

Memang usaha keras tidak pernah mengkhianati hasil yang mana dalam hal ini dari bertahun-tahun lalu, akhirnya cabang olahraga kriket di Tanah Air mulai mendapatkan tempat dan diminati banyak orang. Bahkan bermunculan pula banyak organisasi kriket yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Untuk itu, Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) mengadakan Liga Cricket Indonesia  (ICL) T20 yang mana dapat dikatakan sebagai kali pertama liga kriket bertaraf profesional digelar. ICL T20 tersebut digelar dari bulan Juli ini sampai September 2018 mendatang. Untuk venue acaranya sendiri mengambil tempat di Lapangan Buperta Cibubur (Cibubur Cricket Ground) dan di lapangan Gandhi GMIS, Kemayoran, Jakarta Pusat dekat capsa susun.

Untuk penyematan T20 pada nama liganya, nampaknya PP PCI mengadopsi dari perhelatan kriket tingkat profesional dan internasional yang diciptakan oleh England and Wales Cricket Board (ECB). Perhelatan ICL T20 tersebut merupakan hasil kerja sama antara PP CI dengan induk organisasi kriket di Jakarta, Jakarta Cricket Association (JCA).

Seperti halnya cabang olahraga sepakbola, basket sampai dengan bola voli, banyak klub kriket di Indonesia yang juga mengontrak pemain luar negeri. Dan untuk ajang ICL T20 ini, menurut Ketua Umum PP PCI, Aziz Syamsuddin, ada 8 klub yang ikut serta dan setiap klubnya berisikan pemain lokal dan luar negeri.

Aziz menginformasikan bahwa 8 klub yang sudah resmi tercatat sebagai kontestan ICL T20 tersebut adalah K2 Kings, Jakarta Knight Riders, Daehan Super Kings, Chaiba Senayan Lions, Ceria Komodos, Apacs Warriors, Yadavas Chairos Tigers dan Jaguar CC. Aziz berharap dengan digelarnya ICL T20 ini maka akan menjadi pemicu semakin berkembangkan olahraga kriket ini di Tanah Air.

Liga Kriket Indonesia

Selain diharapkan mampu menjadi trigger untuk perkembangan kriket di Tanah Air, Aziz juga berharap agar ke depannya ajang yang digelar tersebut mampu membantu meningkatkan industri olahraga dan pariwisata di Indonesia. Tidak hanya itu saja, seperti halnya liga-liga cabang olahraga lainnya, dengan digelarnya ICL T20, maka diharapkan dapat untuk dijadikan seleksi awal pemilihan pemain untuk tim nasional kriket Indonesia untuk dapat berlaga di ajang-ajang internasional, seperti di Qualifikasi Piala Dunia Putra di Filipina pada bulan Desember mendatang atau juga pada gelaran Asian Games 2018 nanti bisa di nonton streaming langsung.

ICL T20 tersebut sudah digelar secara resmi pada tanggal 15 Juli 2018 lalu di Cibubur Cricket Ground yang mana pada pertandingan perdana di ajang tersebut, Apacs Warriors menang tipis atas K2 Kings dengan skor 118 – 117. Dan di pertandingan keduanya yang digelar di tempat yang sama, Daehan Super Kings menyerah terhadap Jakarta Knight Riders dengan skor 179 – 181.

Di tangga klasemen sementara, Jakarta Knight Riders bercokol di puncak dengan raihan 24 poin yang didapatkan dari 2 kali kemenangan dan belum pernah terkalahkan. Urutan kedua didapatkan oleh Daehan Super Kings dan posisi ketiga sementara diamankan oleh K2 Kings. Sedangkan yang berstatus juru kunci untuk sementara adalah Jaguar CC.

Pertandingan selanjutnya yang akan digelar di Cibubur Cricket Ground pada tanggal 29 Juli 2019 mendatang akan mempertemukan antara Chaiba Senayan Lions melawan Ceria Komodos dan di pertandingan kedua adalah Jaguar CC melawan Yavadas Chairos Tigers.

Share with your Friends :