Mengenal Olahraga Kriket di Beberapa Negara

Mengenal Olahraga Kriket di Beberapa Negara

Cricket atau biasa disebut dengan kriket, adalah salah satu cabang olahraga yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Terutama untuk warga Indonesia yang mungkin masih merasa asing dengan salah satu jenis olahraga lapangan ini. Permainan ini bisa dimainkan dengan tim yaitu pertandaingan antara 2 tim, masing-masing terdiri dari 11 orang. Permainan ini menggunakan pemukul dan bola, yang mana semakin banyak angka atau run yang dicetak dari bola yang dipukul tersebut yang akan membuat kemenangan dari sebuah tim. Pastinya dalam permainan yang satu ini membutuhkan kerja sama tim yang solid.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa tim yang sudah terbentuk dan pernah meraih beberapa penghargaan dari beberapa ajang turnamen cabang olahraga kriket ini yang diantaranya adalah Kriket putri Indonesia mengantongi posisi runner up pada ajang Sean Women’s T20 Open Tournament 2018. Kemudian dalam SEA Games Malaysia 2017, Indonesia meraih perak dari sisi Tim Kriket Putri dan meraih perunggu.dari Tim Kriket Putra. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena walaupun masih terbilang baru, tim kriket indonesia sudah mencetak prestadi yang sangat baik. Bahkan tercatat Indonesia menempati urutan ke 29 dalam hal olahraga kriket terbaik dunia.

Sedangkan olahraga kriket di India sudah cukup terkenal, sehingga telah memiliki banyak penggemar. Hal ini juga disebabkan karena seringnya India menjadi tuan rumah dalam penyelenggaaan pertandingan olahraga kriket bertaraf Internasional. Memang masyarakat India lebih mencintai olahraga kriket ini, sehingga wajar saja jika negara ini mendapat julukan sebagai negara kriket. Melalui kepopuleran olahraga kriket, para legenda olahraga ini bahkan di dewakan oleh para penduduk India sebagai bola tangkas gold.

Salah satu legendanya yaitu Sachin Tendulkar. Bahkan julukan ini juga dikarenakan di India sendiri memiliki stadion kriket yang jumlahnya cukup banyak. Di Kota Mumbai sendiri ada dua stadion kriket yang mana sudah bertaraf internasional, stadion tersebut yaitu Brabourne dan Wankhede. Alasan kriket bisa menjadi olahraga yang cukup populer di India adalah dimulai dari pejajahan yang dlakukan oleh inggris pada abad ke sembilan belas. Karena negara Ingris membawa permainan ini pula pada tradisi di India.

Olahraga Kriket Dunia

Sehingga memang awal mula olahraga ini berqaal dari Inggris. Sehingga tak heran pula jika hampir semua negara persemakmuran Inggris juga mengenal olahraga ini dengan sangat baik dan bahkan sangat populer. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Sri Lanka dan Pakista. Selain itu oelahraga kriket ini juga cukup populer di Australia, Wales, Zimbawe, Afrika Selatan, Selandia Baru dan juga Karibia.

Kriket sendiri memiliki organisasi secara internasional yang bernama ICC yang merupakan singkatan dari International Cricket Conference. Organisasi Internasional ini memiliki beberpa anggota yakni sekitar 105 negara tercatat sampai tahun 2017 yang mana ada 12 negara yang tercatan sebagai anggota dengan keanggotaan penuh. Negara-negara tersebut diantaranya Inggris, Afrika Selatan, Australia, Afghanistan, Bangladesh, India, Irlandia, Pakistan, Selandia Baru, Hindia Barat, Sri Lanka dan Zimbawe.

Sehingga ke 12 negara tersebut bisa melakukan tes cricket. Dan untuk negara yang tercatat sebagai anggota jasabola, juga termasuk Indonesia diharuskan memiliki organisasi tingkat nasional yang bertugas untuk menangani pertandingan kriket yang diselenggarakan di negaranya dalam turnamen, menyeleksi tim nasional yang terjaring, dan mengorganisir rute untuk tim nasional. Sehingga pada saat pertandingan internasional diadakan, tiap negara sudah siap mengirimkan perwakilannya dalam ajang pertandingan tingkat internasional.

Share with your Friends :