Mengukir Nama Tim Cricket Nasional Indonesia di Kancah Internasional

Mengukir Nama Tim Cricket Indonesia di Kancah Internasional

Salah satu olahraga yang mungkin awam di dengar oleh masyarakat Indonesia adalah Kriket atau cricket dalam bahasa Inggris. Mungkin anda juga tidak menyangka bahwa di Indonesia sudah berkembang olahraga satu ini. Ini dibuktikan bahwa di Indonesia ada organisasi yang menaungi olahraga criket dalam skala nasional. Dengan segala kiprahnya di dunia keolahragaan, tim cricket Indonesia juga sudah mulai melebarkan sayapnya di tingkat internasional bukan hanya pada tingkat nasional.

Sepertinya anda yang belum mengetahui olahraga yang satu ini dan ingin tahu bagaimana olahraga ini membawa nama Indonesia di kancah internasional perlu sekali membaca artikel sampai habis. Yang pertama akan dijelaskan mengenai olahraga criket. Olahraga ini masih berhubungan dengan lapangan hijau namun tidak seluas lapangan sepak bola dan dalam permainannya juga membutuhkan bola.

Permainan ini bisa dimainkan dengan tim yaitu pertandaingan antara 2 tim, masing-masing terdiri dari 11 orang. Permainan ini menggunakan pemukul dan bola, yang mana semakin banyak angka atau run yang dicetak dari bola yang dipukul tersebut yang akan membuat kemenangan dari sebuah tim. Pastinya dalam permainan yang satu ini membutuhkan kerja sama tim yang solid.

Di Indonesia sendiri tim cricket nasional dinaungi oleh Persatuan Cricket Indonesia (PCI). Cricket di Indonesia sendiri masih tergolong baru namun sudah menyumbangkan prestasi yang cukup baik bagi Indonesia. Pada SEA Games tahun 2017 tim cricket putri berhasil memberikan sumbangsih prestasi dengan mendapatkan medali perak, sedang yang putra berhasil meraih perunggu. Inilah yang membuat tim cricket Indonesia berhasil naik dari peringkat 54 menjadi peringkat 29 dunia atas prestasi yang telah ditorehkannya.

Tim cricket Indonesia sendiri juga memiliki ambisi yang cukup besar pada ICC World Cup (International Cricket Confederation) tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Australia. Bukan hanya itu pihak pengurus dari PCI juga telah membidik medali emas pada PON  yang akan dilaksanakan di Papua pada tahun 2020 mendatang, tentunya sekian waktu yang dimiliki tim cricket Indonesia akan cukup untuk bisa meraih segala prestasi yang telah ditargetkannya baik target jangka pendek, menengah, hingga target jangka panjangnya.

Timnas Cricket Indonesia

Namun sayangnya, Asian Game syang akan dilaksanakan di Indonesia sendiri justru tidak mempertandingkan olahraga yang satu ini. Panitia dari Asian Games memang telah menghapus kategori olahraga yang satu ini, meskipun keputusan yang diambil panitia seperti itu namun pengurus PCI tidak khawatir dan akan lebih fokus pada kesempatan lain yaitu dengan mencari turnamen-turnamen baru yang bisa diikuti oleh timnya.

Karena tanpa mengikuti Asian Game 2018 nanti, tim cricket Indonesia masih bisa berlatih. Hal ini sudah dibuktikan dengan prestasi lain yang sudah didapatkannya setelah juara yang bisa diraihnya pada tahun 2017. Tim cricket Indonesia berhasil mendapatkan posisi Runner Up pada SEAN Women’s T20 Open Tournament 2018 yang diselenggarakan pada awal Maret kemarin di Thailand.

Sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Selain itu, pada akhir Maret ini nanti tim nasional Cricket Indonesia akan bertanding lagi pada event yang akan diselenggarakan di Pulai Bali yaitu Bali Six Bali. Selain itu, masih ada turnament lagi yang akan diikuti tim Cricket nasional yaitu pada ajang pengganti Asian Games 2018 yang dihapus sebelumnya yang akan diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan. Semoga tim nasional Indonesia mendapatkan kejuaraan dan siap pada ICC World Cup Tahun Depan.

Share with your Friends :