Perbedaan Mendasar dari Kriket, Kasti, Baseball dan Softball

Perbedaan Mendasar dari Kriket, Kasti, Baseball dan Softball

Memang secara umum antara kriket, baseball, softball sampai dengan kasti memiliki kesamaan, yaitu sebuah cabang olahraga yang menggunakan bola dan pemukul, serta kerja sama tim, akan tetapi secara detailnya kesemua cabang olahraga tersebut memiliki perbedaan. Nah, berikut ini adalah perbedaan mendasar dari kriket, kasti, baseball dan softball.

Pemukul

Kasti : Dalam permainan bola kasti, pemukul yang digunakan adalah terbuat dari kayu padat dengan Memang ukuran dan bentuknya sedikit mirip dengan pemukul yang digunakan pada olahraga softball ataupun baseball, namun pemukul bola kasti terkesan sedikit lebih besar dan tidak panjang.

Baseball: Pemukul untuk olahraga baseball lebih ramping dan terkesan ‘kurus’ dibandingkan pemukul bola kasti. Selain itu, material pemukul baseball ada yang terbuat dari kayu dan ada yang terbuat dari aluminium.

Softball: Untuk pemukul dalam olahraga softball, tidak ada perbedaan dengan pemukul baseball.

Kriket: Pemukul dalam kriket berbeda dengan baseball, softball ataupun kasti karena bentuknya pipih dengan pegangan pada bagian bawahnya.

Bola

Kasti: Bola yang digunakan di kasti sebenarnya ada 3 macam, yaitu yang terbuat dari karet keras, kulit seperti yang dipakai di baseball tapi lebih kecil dan yang paling sering digunakan adalah yang mirip dengan bola yang digunakan di olahraga tenis.

Baseball: Bola yang dipakai di baseball terbuat dari kulit dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bolanya softball.

Softball: Seperti yang disebutkan di atas, material dan model dari bola softball adalah sama, hanya saja perbedaannya terletak pada ukurannya saja. Bola softball lebih besar dibandingkan dengan bola baseball.

Kriket: Bola kriket memiliki ukuran mirip seperti bola kasti ataupun baseball, namun material yang digunakan cukup berbeda, yaitu terbuat dari kulit.

Lapangan

Permainan Kriket Dunia

Kasti: Lapangan yang digunakan dalam olahraga kasti berbentuk persegipanjang yang mana setiap sisinya merupakan base. Pemukul dan pelempar dalam posisi horisontal.

Baseball/Softball: Lapangan yang digunakan dalam olahraga baseball dan softball adalah sama. Pelempar berada di tengah lapangan, sedangkan pemukul berada di titik awal. Setelah memukul, pemukul harus berlari memutari lapangan dan mengamankan setiap base.

Kriket: Berbeda dengan kasti, softball ataupun baseball, model lapangan kriket justru miirp dengan lapangan tenis, voli atau bulutangkis. Pemain dan pelempar berhadap-hadapan.

Jumlah pemain

Kasti: Jumlah pemain dalam permainan kasti sebanyak 30 orang yang mana dibagi menjadi 2 atau setiap regu berisikan 15 orang. Jumlah pemain dalam satu regu yang dapat dimainkan adalah 12 orang dan 3 sisanya adalah pengganti alias cadangan.

Baseball: Jumlah pemain dalam permainan baseball adalah 8 orang yang terbagi dari catcher, pitcher, first baseman, second baseman, third baseman, left fielder, right fielder dan shortstop.

Softball: Jumlah pemain dalam permainan softball adalah 9 orang yang terdiri dari catcher, pitcher, first base, second base, third base, left field, right field, short stop dan center field.

Kriket: Dibandingkan dengan kasti, baseball ataupun softball, jumlah pemain dalam permainan kriket sangat banyak. Masing-masing tim berisikan 11 orang yang memiliki peran sendiri-sendiri.

Bagaimana? Sudah mengerti kan perbedaan 4 macam olahraga lempar, pukul dan lari ini dan jangan lupa Daftar SBOBET Terpercaya disini.

Share with your Friends :