Persiapan Indonesia Dalam Menyambut Asian Games XVIII 2018 Cabang Olahraga Hoki Lapangan

hoki lapangan asian games

Pasti banyak yang tahu tentang hoki es, namun tidak banyak yang tahu mengenai hoki lapangan. Karena memang hoki lapangan tidak begitu terkenal di luar negeri, apalagi di Indonesia. Biasanya hoki lapangan banyak dimiliki oleh negara-negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Sekilas yang membedakan hoki es dan hoki lapangan adalah tempat bertandingnya. Jika hoki es berada di lapangan es, hoki lapangan berada di lapangan berumput ataupun lapangan dari semen. Gambar lapangan hoki (kiri hoki lapangan, kanan hoki es).

hoki lapangan dan es

Sebenarnya hoki es dan hoki lapangan memiliki berbagai macam perbedaan. Beberapa diantaranya adalah ukuran dan juga bentuk dari tongkat yang digunakan. Pada hoki lapangan biasanya menggunakan tongkat dengan tinggi sekitar 26-38 inci tergantung dari tinggi pemain. Sedangkan pada hoki es tinggi tongkatnya tergantung dari jarak antara hidung pemain hingga tanah. Selain itu seragam yang digunakan pada hoki lapangan tidak menggunakan pelindung seperti pada hoki es. Biasanya seragam yang digunakan atlet hoki lapangan tidak berbeda dengan seragam sepak bola.

Saat ini hoki lapangan di Indonesia sudah semakin maju, terutama karena sudah ada lapangan hoki yang sudah memiliki standar internasional dari IFH (International Hockey Federation). Lapangan hoki ini sudah selesai sejak akhir tahun 2017 lalu dan sudah bisa digunakan untuk berlatih ataupun untuk melangsungkan pertandingan hoki lapangan di Indonesia. Untuk mendapatkan lapangan hoki berstandar internasional tentunya tidak mudah. Ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi agar bisa digunakan untuk turnamen internasional dan diakui oleh FIH.

Faktor pertimbangan dan perhatian khusus dalam proses sertifikasi pada lapangan hoki adalah :

  • Kerataan permukaan
  • Kemiringan lapangan
  • Ball roll dan deviation
  • Pantulan bola
  • Irrigation untuk sistem rain gun
  • Penyerapan
  • Product sample identification
  • Ukuran lapangan

lapangan hoki gelora bung karno

Dengan adanya sertifikat internasional, maka Lapangan Hoki Gelora Bung Karno sudah siap untuk digunakan pada Asian Games XVIII tahun 2018. Karena memang hoki lapangan menjadi salah satu cabang olahraga yang di pertandingkan dalam Asian Games. Bahkan rumput sintetis yang digunakan pada lapangan hoki di datangkan dari Australia yang memiliki tingkat kehalusan tinggi sehingga mampu menurunkan resiko cidera atlet.

Untuk mempersiapkan dalam Asian Games XVIII 2018, FIH (Federasi Hockey Indonesia) sudah melakukan pemilihan atlet hoki lapangan sebanyak 60 pemain dimana 30 pemain untuk tim putri dan 30 pemain untuk tim putra. Proses seleksi akan dilakukan pada 9-19 Desember 2017.

Saat ini atlet hoki lapangan terpilih sedang mendapatkan latihan dan nantinya akan dilakukan seleksi kembali hingga didapatkan 18 pemain hoki lapangan untuk tim putra dan 18 pemain hoki lapangan untuk tim putri. 36 pemain tersebut yang nantinya akan diikutkan dalam Asian Games XVIII 2018. Ayo gabung bersama kami di prediksi bola jitu piala dunia dan ikuti taruhan berhadiah freebet bersama ribuan penebak skor lainnya.

60 pemain yang ikut dalam seleksi tim nasional untuk cabang olahraga hoki lapangan ini merupakan atlet dari 11 tim putra dan 9 tim putri yang telah berlaga dalam Kejuaraan Nasional Hoki Lapangan 2017. Tim-tim hoki lapangan tersebut berasal dari 11 pengurus provinsi FHI yang ada di Indonesia, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatra Utara, DI Yogyakarta, Papua Barat, Papua, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan juga Banten. Dari 360 pemain dalam turnamen nasional tersebut, ada 60 yang telah berhasil masuk seleksi pertama untuk menjadi atlet tim nasional yang nantinya akan membela Indonesia dalam Asian Games XVIII 2018. Daftarkan diri anda sekarang juga melalui livechat kami yang sudah di sediakan di www.agenbola88.xyz

Share with your Friends :

One thought on “Persiapan Indonesia Dalam Menyambut Asian Games XVIII 2018 Cabang Olahraga Hoki Lapangan

Leave a Reply