Seputar Hoki Asia, Menyokong Asian Games 2018

hoki piala remaja asia

Persekutuan Hoki Asia merupakan sebuah badan induk organisasi yang mana menghimpun berbagai pasukan hoki yang berada di Benua Asia. Dimana Persekutuan ini memiliki naungan dibawah FIH. Terdapat sejumlah 20 negara yang telah menganggotai badan induk ini. Dalam cabang olahraga ini terdapat nenerapa pertandingan , yakni Hoki Piala Asia yang merupakan sebuah ajang pertandingan Hoki yang dianjurkan oleh Persekutuan Hoki Asia atau disebut dengan ASHF. Organisasi ini diperkenalkan pada tahun 1982 bagi laki-laki dan bagi wanita satu tahun kemudian. Terdapat pula sebuah pertandingan Hoki yang disebut Trofi Juara-juara Asia.

Pengertiannya adalah sebuah pertandingan yang dianjurkan oleh Persekutuan Hoki Asia dan ia diikuti oleh enam pasukan hoki terbaik Asia yakni Korea Selatan, Pakistan, India, Malaysia, Jepang dan China. Terdapat juga sebuah pertandingan yang disebut sebagai Hoki Piala Remaja Asia. Dengan kata lain, pertandingan ini sudah tentu diikuti oleh remaja se-Asia. Yangmana pertandingan ini merupakan anjuran dari Persekutuan Hoki Asia. Untuk setiap pemainnya adalah berusia sekitar kurang dari 21 tahun.

Dalam permainan cabang olahraga yang cukup banyak diminati orang ini, terdapat beberapa peraturan yang menjadi landasan dalam bermain Hoki. Dalam pertandingannya, Hoki akan dinyatakan sebagai pelanggaran apabila ketika sedanng bertanding pemain mengangkat stik atau alat pemukul bola ke atas pundaknya, hal ini dikarenakan dapat membahayakan pemain yang lain. Kemudian, melakukan gerakan-gerakan yang yang dapat membahayakan pemain yang lain. Kemudian, setiap pemain dilarang untuk memukul bola ke udara, hal ini sangatlah tidak dianjurkan dan tidak boleh dilakukan.

Hal yang tidak diperbolehkan lainnya adalah menahan bola atau menendang bola dengan kaki kecuali yang melakukna adalah penjaga gawang. Ia memiliki hak penuh untuk menendang, menahan dengan anggota badannya asalkan tidak berbaring dengan bola diatasnya atau bola berada  di bawah tubuhnya. Kemudian menahan ataupun memukul stik milik lawan. Hal selanjutnya adalah menjatuhkan lawan, dengan menghalangi serta menjegal oergerakan lawan. Karena hal-hal tersebut merupakan sebuah tindakan yang dapat membahayakan lawan dan pemain yang lain. Terdapat beberapa hukuman yang berlaku dalam permainan ini, seperti pukulan bebas, short corner, pinalty stroke, long corner, offside dan hit in.

persekutuan hoki asia

Berkaitan dengan hal ini, menelisik mengenai keisapan-kesiapan yang akan dilalui oleh bangsa Indonesia melalui Timnas Garuda nya, yakni cukup membanggakan. Sebab, Indonesia yang dijadikan sebagai Tuan Rumah sekaligus akan mewakilkan anak bangsa untuk ikut serta dalam ajang bergengsi ini melalui cabang olahraga Hoki ini. Rupanya Indonesia akan melakukan babak penyeleksian pemain terbaik dengan memilih sebanyak 30 pemain. Baik 30 pemain putra maupun 30 pemain putri. Dimana, dari kesemuanay itu akan diambil 18 pemain yang akan berlaga dalam Asean Games 2018.

Tidak hanya Indonesia saja yang mulai dengan gegap gempitanya mempersiapkan ajang bergengsi ini. Seluruh warga negara Asia pun turut mempersiapkan tim andalan mereka untuk menunjukkan kebolehannya dalam laga yang akan digelar di Jakarta dan Palembang ini. Hal tersebut terbukti dengan masih dibukanya pendaftaran bagi para negara di Asia untuk mendaftarkan diri mereka melalui tim favorit mereka  di Asian Games 2018. Dengan demikian semakin banyaknya peserta maka semakin besar pula partisipasi dari berbagai negara yang terdaaftar dalam kompetisi ini. Semakin menambah ikatan persahabatan dalam kancah Benua Asia yang tentunya semakin merekatkan hubungan antarbangsa diseluruh benua Asia.

Baca juga : Kematangan Persiapan Pemain Hockey Indonesia untuk Asian Games 2018 !

Share with your Friends :

One thought on “Seputar Hoki Asia, Menyokong Asian Games 2018

Leave a Reply