Tim Indonesia Ice Salamanders Menuju Singapore Ice Dragons Classic 2018

ice salamanders

Sama seperti hoki lapangan yang ada di Indonesia, hoki es juga tidak begitu populer. Mungkin karena memang olahraga hoki terutama hoki es tidak populer di negara-negara yang hanya memiliki 2 musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat tim hoki es yang ada di Indonesia untuk ikut berlaga di turnamen nasional dan internasional.

Cabang olahraga hoki es sudah mulai di lirik oleh masyarakat Indonesia khususnya remaja dan orang dewasa. Bagi yang belum mengerti mengenai cara bermain hoki es,  dalam pertandingan hoki es, terdapat 2 tim yang masing-masing akan berusaha untuk memasukkan puck (bola dalam hoki es) ke gawang musuh agar bisa mendapatkan skor. Sama seperti sepak bola, semakin banyak memasukkan puck atau bola ke gawang musuh, maka kesempatan untuk memenangkan pertandingan semakin tinggi.

Beberapa tahun belakangan ini, negara-negara 2 musim seperti Indonesia mulai tertarik dengan hoki es.
Bahkan tim dewasa hoki es yang ada di Indonesia sudah mengikuti berbagai turnamen internasional seperti SEA Games 2017 di Malaysia dan Asian Winter Games 2017 di Jepang.

 

tim ice salamanders

Indonesia juga sudah memiliki FHEI (Federasi Hoki Es Indonesia) yang telah di akui oleh KOI (Komite Olimpiade Indonesia) dan juga IIHF (International Ice Hockey Federation). Dengan begitu tim-tim hoki es Indonesia bisa mendapatkan dukungan untuk mengikuti berbagai turnamen yang ada. Bahkan FHEI mengirimkan atlet hoki es terbaik dari Indonesia ke SEA Youth Cup 2017.

 

Tim hoki es Indonesia bernama Ice Salamanders, tim ini merupakan tim hoki es junior. Tim ini merupakan tim baru yang terbentuk 11 Desember 2017 lalu. Walaupun begitu tim ini sudah mendapatkan pelatihan yang cukup untuk bisa mengikuti turnamen berskala internasional. Kedepannya, pemain-pemain dari Ice Salamanders akan mengikuti turnamen yang ada di Singapura tanggal 28 Februari hingga 3 Maret 2018 mendatang. Turnamen tersebut bernama Singapore Ice Dragons Classic.

ice salamanders singapore ice dragons classic

Keikutsertaan Ice Salamanders dalam Singapore Ice Dragon Classic merupakan inisiasi dari orang tua atlet dan juga pelatih agar hoki es di Indonesia bisa bergema di turnamen dunia. Dengan menggunakan metode pembinaan khusus dari Ronald Wijaya sebagai Headcoach Ice Salamanders, atlet-atlet ini akan dibimbing agar menjadi atlet muda yang berkualitas sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia pada cabang olahraga hoki es.

Saat ini tim Ice Salamanders memiliki total anggota sebanyak 20 orang dengan 17 plater dan 3 goalie (kiper). Walaupun tim ini merupakan tim yang baru saja dibentuk bulan Desember tahun lalu, namun tim ini sudah mendapatkan dukungan dari KOI dan juga FHEI untuk berlaga di turnamen internasional.

Metode latihan yang digunakan adalah on ice-off ice dan juga hockey camp yang mengacu kepada silabus yang ada sehingga untuk pembelajaran anak-anak akan memiliki tahapan dan juga target yang jelas.
Tim junior Ice Salamanders juga melakukan pertandingan persahabatan dalam liga persahabatan untuk meningkatkan kemampuan permainan mereka.

Pertandingan hoki es menjadi salah satu cabang olahraga dalam lapangan es dan menjadi salah satu cabang olahraga dengan permainan yang sangat cepat. Bahkan hoki es disebut sebagai the fastest game on earth. Karena itulah apabila tim hoki es Indonesia tidak mendapatkan pelatihan yang sesuai, tim Indonesia akan tertinggal dari negara-negara 4 musim yang sudah menjadikan olahraga hoki es menjadi kegiatan yang biasa dilakukan saat musim dingin.

Share with your Friends :

One thought on “Tim Indonesia Ice Salamanders Menuju Singapore Ice Dragons Classic 2018

Leave a Reply