Turnamen Internasional Hoki Lapangan, Bali Hockey Festival 2017

bali hockey festival 2017

Mungkin di Indonesia Hoki Es ataupun Hoki Lapangan tidak sepopuler di negara lainnya yang memiliki 4 musim. Karena memang permainan hoki sendiri, khususnya hoki es membutuhkan lapangan yang terbuat dari es. Di Indonesia tidak ada lapangan es yang terbentuk secara alami, yang ada hanyalah lapangan es seluncur buatan. Dan lapangan es buatan tersebut juga tidak banyak ada di Indonesia, kebanyakan hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta saja. Maka dari itulah tidak banyak yang tertarik dengan hoki.

Yang banyak ada di Indonesia adalah hoki lapangan, karena hoki yang satu ini tidak membutuhkan lapangan yang terbuat dari es. Mungkin jika dianalogikan seperti futsal dan sepak bola. Jika sepak bola dimainkan pada lapangan yang ada rumputnya, maka futsal dimainkan pada lapangan yang tidak berumput, seperti lapangan yang terbuat dari semen.

Walaupun tidak populer seperti cabang olahraga lainnya, hoki lapangan di Indonesia memiliki turnamen tersendiri. Contohya adalah Bali Hockey Festival yang merupakan turnamen Internasional. Ini merupakan turnamen yang sudah diadakan sebanyak 4 kali oleh YHI (Yayasan Hockey Indonesia).

 

bali hockey festival

Pada tahun 2017, Bali Hockey Festival diadakan di Lapangan Banteng yang ada di Seminyak, Bali dari tanggal 30 September hingga 1 Oktober 2017.

Tema yang diangkat pada Bali Hockey Festival tahun 2017 adalah Hockey Holiday in Bali, begitu menariknya tema yang diusung membuat tim hoki lapangan dari luar negeri ikut berpartisipasi di dalamnya seperti dari Hongkong, Singapura, Malaysia dan juga Brunei Darussalam.

Terdapat 25 tim yang terbagi dalam 18 tim putra dan juga 6 tim putri yang bertanding menggunakan sistem setengah kompetisi. Maksud dari sistem ini adalah sistem ini akan membuka kan peluang untuk setiap tim sehingga bisa bersaing dalam tiga divisi yang berbeda. Divisi tersebut adalah Plate Division, Cup Division dan Bowl Division. Dengan adanya 3 divisi yang berbeda, hal ini memungkinkan tim yang kuat bisa bersaing dalam satu kompetisi. Sayangnya tim-tim lokal seperti dari Unit Hockey Universitas Padjajaran, Trisakti Hockey Club dan Mandala belum dapat memenangkan turnamen kali ini.

Yang menjadi juara dalam Bali Hockey Club adalah tim dari Malaysia, dari Tim putra yang menang adalah BP Wizard Hockey Malaysia dan tim puteri yang menang adalah KLPP Ladies.

festival hoki bali

Bagi tim yang menjadi juara pada Cup Division, untuk tim putra dan tim putri nantinya akan dicatat di Rudolf Moal Shield. Hal ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pendiri yayasan yang telah mendukung kegiatan hoki lapangan. Adanya event-event hoki lapangan berskala nasional ataupun internasional diharapkan mampu menarik minat masyarakat Indonesia dan bisa mengembangkan cabang olahraga hoki khususnya hoki lapangan di Indonesia. Kegiatan Bali Hockey Festival mendapatkan dukungan dari pemerintah seperti dari Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komisi X DPR RI, tentu saja Bali Hocket Festival juga mendapatkan dukungan dari FHI (Federasi Hockey Indonesia).

Kegiatan seperti Bali Hockey Festival juga banyak diselenggarakan oleh negara Asia lainnya seperti yang ada di Singapura yaitu Singapore Cricket Club, di Hongkong ada Hong Kong Faster. Kebanyakan di negara-negara Asia yang mengadakan turnamen hoki lapangan, mereka menggabungkan turnamen dengan konsep pariwisata. Selain menarik minat pecinta olahraga hoki dari berbagai negara, kegiatan seperti ini juga akan menarik atlet-atlet dari negara-negara lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam turnamen yang diadakan.

Share with your Friends :

Leave a Reply